Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pagar klasik besi tempa

Bengkel las pagar klasik bogor

Bengkel Las Pagar Klasik Bogor

Ingin pagar klasik yang rendah perawatan, tetap awet, dan masa pakainya panjang? Pesan sekarang juga di bengkel las pagar klasik bogor.

Sebagai eksterior rumah yang tampak pertama kali, pagar besi klasik juga perlu dipelihara. Dalam hal ini, perawatannya tentu berbeda-beda. Tergantung pada jenis material yang digunakan. Jika ingin pagar yang rendah perawatan, Anda bisa memesannya di bengkel las pagar klasik Bogor.
Perawatan yang tidak tepat pada pagar klasik, bisa menyebabkan beberapa hal yang memungkinkan pemilik perlu mengeluarkan beberapa rupiah untuk menanganinya. Mulai dari cat mengelupas, berkarat, hingga kerusakan seperti patah atau retak.
Opsi lain yang bisa membuat pagar awet selain dirawat sebaik mungkin, bisa disiasati dengan menggunakan pagar dari material besi tempa. Secara bahan, besi tempa memang memiliki ketahanan yang baik. Namun, pagar dengan material ini juga sesekali perlu dilakukan perawatan.

Cara Merawat Pagar Besi Klasik

Pagar besi klasik yang menggunakan material besi tempa, umumnya memerlukan perawatan yang tidak terlalu sulit. Bahkan bisa dilakukan secara terjadwal dalam hitungan minggu, bulan, hingga tahun. Berikut beberapa cara merawat pagar besi klasik yang bisa dilakukan secara mandiri.

1. Lapisi dengan Minyak Pelumas

Cara pertama adalah melumasinya dengan minyak. Cara ini biasanya dilakukan untuk menghindari air hujan menempel pada badan pagar besi dalam waktu yang cukup lama. Mengingat, jika air hujan menempel terlalu lama, hal itu akan menyebabkan karat.
Sebelum melumasi dengan minyak, pastikan semua bagian pagar besi tidak ada yang berlubang. Sebab lubang pada pagar bisa menjadi masalah tersendiri. Lubang yang tidak segera ditambal, bisa menjadi wadah penampungan air hujan, berkarat, dan lama kelamaan menggerogoti badan pagar.

2. Cat Ulang Secara Berkala

Selain itu, pemilik rumah juga bisa melakukan pengecatan ulang secara berkala. Perlu diketahui, bahwa pengecatan pada pagar besi tidak hanya penting dilakukan ketika ada cat yang sudah mulai terkelupas. Namun hal itu bisa dilakukan secara terjadwal.
Sebab metode ini mampu mencegah air, udara, maupun kelembaban langsung mengenai permukaan besi. Dengan adanya lapisan cat di bagian luarnya, material besi bisa bertahan lama dan tidak akan keropos. Terlebih jika pengecatan ulang secara berkala tidak pernah terlewatkan.

3. Bersihkan dengan Rutin

Tidak hanya itu, pembersihan kecil-kecilan yang dilakukan secara rutin juga akan memperpanjang masa pakai pagar besi Anda. Pembersihan itu bisa diwujudkan dengan mengelap bagian-bagian yang dipenuhi oleh debu, baik dengan lap pembersih atau dengan sikat lembut.
Jika memang pagar besi memiliki beberapa noda yang sulit untuk dibersihkan, Anda bisa melakukan pembersihan dengan sikat lembut dan sabun yang telah dicampur dengan air. celupkan sikat pembersih ke dalam cairan sabun tersebut dan gosok pagar secara perlahan.

4. Pemeriksaan Berkala

Selain pembersihan, pengecatan ulang, atau pelumasan, ada baiknya juga melakukan pemeriksaan secara berkala dan terjadwal pada pagar rumah. Mengeceknya secara teliti mulai dari ujung ke ujung dan dari atas ke bawah.
Dengan adanya pemeriksaan secara berkala, Anda bisa mengetahui bagian-bagian mana yang memiliki noda membandel, mulai berkarat, memiliki lubang, cat terkelupas, keropos, hingga adanya kerusakan yang mengharuskan pemilik rumah menggantinya.

5. Gunakan Air Panas

Sebelum mengecat ulang, biasanya ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar pagar tidak mudah berkarat dan tampilannya semakin berkilau seperti baru. Salah satu trik tersebut adalah membilasnya menggunakan air panas terlebih dahulu. Baru keesokan harinya bisa dilakukan pengecatan ulang.
Untuk bisa membilas pagar menggunakan air panas, Anda hanya perlu menuangkan air panas ke dalam ember. Celupkan sebuah lap bersih ke dalam air panas dan tuang sedikit sabun di atas lap. Setelah itu, kucek lap hingga mengeluarkan busa dan mulailah untuk mengelap pagar.
Apabila pagar sudah dilap dengan air panas dan sabun, jangan lupa untuk membilas seluruh bagiannya dengan air panas untuk menghilangkan sabun yang menempel. Jika perawatan ini terlalu ribet, Anda bisa memesan di bengkel las pagar klasik bogor untuk pagar yang rendah perawatan.

6. Gunakan Tiner

Jika mendapati karat pada pagar, jangan disepelekan. Sebab, karat yang dibiarkan menempel pada besi bisa menggerogoti seluruh permukaan besi dan menyebabkannya keropos. Namun, tidak perlu panik terlalu berlebihan, karena hal ini bisa diatasi menggunakan tiner.
Tuang cairan tiner pada sebuah wadah dan gosokkan tiner ke bagian yang berkarat menggunakan kain lap kasar. Ganti dengan lap lain jika dirasa lap yang digunakan sebelumnya sudah kotor. Gunakan masker dan sarung tangan untuk menghindari goresan dan bau yang menyengat.

7. Gunakan Minuman Bersoda

Selain menggunakan tiner, karat pada pagar besi juga bisa dihilangkan dengan minuman bersoda. Caranya pun tidak berbeda jauh. Bisa dioleskan sedikit demi sedikit pada bagian pagar yang berkarat atau disiramkan secara langsung.
Setelah itu, gosok dengan kain kasar sampai karat pada pagar besi menghilang. Untuk mencegah karat datang kembali, Anda bisa melakukan pengecatan ulang agar pagar menjadi lebih indah. Minuman bersoda ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka bau cairan menyengat.

8. Gunakan Cuka atau Baking Soda

Pun cuka atau baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Kedua bahan yang lebih sering ditemukan di dapur ini, dinilai bisa menghilangkan karat karena memiliki kandungan alkali dan terbukti cukup abrasif. Oleh karena itu, metode ini bisa dicoba.
Caranya pun cukup mudah. Anda bisa menyiramkan atau mengoleskan cuka maupun baking soda yang sudah dilarutkan dengan air ke bagian pagar besi yang berkarat. Baik itu karat yang membandel maupun tidak.
Berbeda dari cara sebelumnya, metode menghilangkan karat menggunakan cuka atau baking soda perlu didiamkan beberapa saat sebelum akhirnya digosok menggunakan lap kering. Gosok sampai karat pada pagar besi menghilang.

9. Jangan Menggunakan Sabun

Beberapa orang mempercayai bahwa pembersihan pagar besi menggunakan sabun hanya akan membuatnya tampak kusam dan tidak mengkilap. Namun beberapa lainnya, meyakini bahwa metode ini berhasil untuk membuat pagar menjadi bersih dan tampak seperti baru.
Mengingat, ada beberapa metode lain yang bisa dilakukan apabila pembersihan pagar besi menggunakan sabun membuatnya kusam dan tidak mengkilap. Mulai dari melakukan pengecatan ulang hingga melumasinya dengan minyak.

10. Hindarkan dari Tanaman

Bernoda, karat, dan kusam, tidak hanya disebabkan oleh udara, debu, dan air hujan saja. Melainkan, hal itu juga bisa disebabkan karena ada tanaman yang menggores badan pagar, sehingga membuat pagar memiliki noda coklat dari batang tanaman.
Pun hal itu juga bisa menyebabkan goresan kecil yang membuat tampilannya terganggu. Oleh karena ini, penting untuk mengatur posisi tanaman sedemikian rupa agar tidak mengenai pagar besi klasik yang sudah Anda buat dengan susah payah. Dengan begitu, pagar besi bisa tetap terlihat cantik.

Rekomendasi Bengkel Las Pagar Klasik Bogor Terbaik

Pagar klasik yang awet dan tahan lama bisa didapatkan dengan mudah di bengkel las pagar klasik Bogor. Penyedia layanan jasa ini, tentu cocok dengan lokasi Anda yang berada di area Bogor kota maupun area Jawa Barat lainnya. Pelayanannya nyaman, mutu terjamin, dan produk berkualitas.