Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pagar klasik besi tempa

Desain Teralis Rumah Klasik

7 Pilihan Desain Teralis Rumah Klasik

Desain teralis rumah  klasik umumnya cocok dipasang untuk jenis serta tipe hunian apapun karena modelnya yang simpel serta warnanya yang tidak mencolok.

Sebagai tempat untuk berlindung, rumah tentu harus dibangun dengan tingkat keamanan yang tinggi. Salah satu cara yang banyak dipilih masyarakat adalah memasang teralis. Agar terlihat lebih menarik, desain teralis rumah klasik dibuat dengan berbagai model tanpa mengabaikan keamanannya.
Pada dasarnya, teralis merupakan komponen yang terbuat dari besi maupun bahan lain untuk melindungi rumah. Komponen ini biasanya dipasang pada bagian celah-celah rumah untuk memberikan perlindungan berlapis, seperti pagar, jendela, balkon, hingga pintu.
Membuat dan memasang teralis hanya bisa dilakukan oleh orang-orang profesional dan berpengalaman. Teralis tidak bisa dibeli secara instan karena setiap rumah memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga harus mengukur terlebih dahulu lalu dibuat dengan model yang sesuai.

Pilihan Desain Teralis Rumah Klasik

Model teralis klasik sudah banyak digunakan sejak dulu. Bentuknya yang sederhana serta minim ukiran membuat model teralis ini cocok di berbagai jenis maupun tipe rumah. Di zaman modern seperti sekarang, teralis klasik juga tetap menjadi pilihan karena terlihat menawan seperti berikut ini.

1. Teralis Klasik Vertikal

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan teralis untuk rumah sudah dilakukan sejak dulu. Nah, salah satu desain yang dipilih untuk teralis tersebut adalah klasik vertikal. Teralis ini dipasang dengan posisi tegak memanjang pada bagian rumah dengan sedikit pola di pinggir maupun tengah.

Teralis klasik vertikal lebih menonjolkan sisi sederhana dan minimalis. Hal inilah yang membuat teralis klasik memiliki pola atau ornamen yang sedikit. Umumnya, material yang digunakan untuk membuat desain teralis ini adalah besi tempa karena dianggap lebih kokoh dan tingkat perlindungan maksimal.
Agar tidak terlihat monoton, beberapa pembuat teralis memadukan besi tempa dengan bantalan kayu untuk menambah estetika. Pemilihan warna untuk teralis klasik vertikal pun cukup terbatas. Anda akan lebih sering melihat teralis ini dengan warna hitam atau putih polos tanpa campuran apapun.

2. Teralis Besi Tradisional

Sesuai namanya, teralis ini dibuat menggunakan material besi. Bentuknya pun sengaja dibuat dengan simpel untuk menonjolkan kesan tradisional. Desain teralis ini biasanya disusun horizontal atau mendatar dengan jarak yang teratur. Di bagian tengahnya akan diberikan pola besi melengkung.
Meskipun disebut sebagai teralis tradisional, nyatanya jika dipasang di bagian rumah akan terlihat jauh lebih mewah. Bagi Anda yang membangun rumah dengan model yang sedikit heboh, maka teralis besi tradisional adalah pilihan yang pas untuk meningkatkan estetika sekaligus keamanannya.
Pemilihan warna untuk teralis besi tradisional biasanya disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. Dalam hal ini, Anda bisa berkonsultasi kepada pembuat teralis untuk memberikan warna sesuai keinginan. Namun, pastikan warna tersebut cocok untuk memperindah tampilan rumah.

3. Teralis Klasik Horizontal

Selain klasik vertikal, desain teralis rumah klasik juga dibuat horizontal. Desain ini akan menampilkan setiap besi teralis yang dipasang mendatar (horizontal) pada bagian rumah tertentu. Bentuknya pun juga dibuat sederhana tanpa banyak ornamen yang dapat mengganggu atau merusak estetika.
Umumnya, teralis ini digunakan pada jendela rumah karena ukurannya tidak terlalu besar. Saat kaca jendela dibuka, udara dan cahaya tetap bisa masuk dengan maksimal sementara teralis tetap bisa meningkatkan keamanan. Hal ini tentu akan berbeda jika Anda tidak memasang teralis sama sekali.
Teralis jendela sederhana dengan model klasik horizontal biasanya dibuat dengan warna-warna dasar, seperti putih, hitam, coklat, biru, dan sebagainya. Pemilihan warna tersebut menyesuaikan dengan keinginan sang pemilik rumah namun tetap mempertimbangkan keindahan hunian.

4. Teralis Klasik Minimalis

Saat ini, model rumah minimalis menjadi pilihan sebagian besar orang. Tampilannya yang sederhana namun tetap mewah menjadikan rumah minimalis jauh lebih nyaman untuk dipandang. Apalagi, bagian dalamnya dibuat dengan ruang-ruang yang pas dengan penataan perabot yang rapi.
Untuk mendukung hal tersebut, teralis klasik minimalis pun dihadirkan. Material yang digunakan untuk membuat teralis ini cukup beragam, mulai dari kayu, besi tempa, besi nako, dan lain-lain. Desain teralis klasik minimalis cukup sederhana namun akan menonjolkan sisi mewah dan keren.
Pola yang banyak digunakan untuk teralis ini adalah kotak, ulir, vertikal, maupun horizontal. Umumnya, pembuat teralis hanya memilih satu atau dua pola yang dipadukan agar terlihat lebih menarik. Tidak hanya, warna yang dipilih pun umumnya hanya warna dasar yang tidak terlalu mencolok.

5. Teralis Klasik Mewah

Konsep teralis mewah juga banyak menjadi pilihan. Desain teralis ini biasanya dipasang khusus rumah-rumah mewah yang berukuran besar. Pola atau ornamen yang dibuat pun akan menyesuaikan dengan megahnya rumah tersebut. Misalnya, pola bunga atau gambar lain yang cukup menonjol.
Material yang digunakan untuk teralis klasik mewah pun akan jauh lebih kokoh. Pemilik rumah umumnya akan meminta besi dengan ukuran yang cukup besar agar lebih aman. Pengerjaan teralis jenis ini juga akan lebih sulit dan lama sehingga harus dipesan jauh sebelum pemasangan.
Selain itu, jika Anda tertarik untuk membuat model teralis mewah, maka siapkan biaya yang cukup besar. Hal ini disebabkan karena pemilihan material, pembuatan pola, hingga pengerjaannya membutuhkan tenaga yang lebih ekstra jika dibandingkan dengan model teralis lain.

6. Teralis Klasik ala Perancis

Bagi Anda yang suka dengan konsep yang unik, bisa memilih teralis klasik ala Perancis. Dari segi desain, teralis ini jauh berbeda dengan teralis pada umumnya. Teralis ala Perancis memiliki model yang tidak rata, melainkan melengkung baik bagian atas, bawah, maupun kedua sisinya.
Bagian lengkungan bawah teralis dibuat dengan ukuran yang lebih besar. Tujuannya adalah untuk menyimpan pot tanaman kecil yang nantinya bisa kesan sejuk dan hijau. Jadi, Anda tidak perlu membuat tempat khusus untuk menyimpan pot-pot bunga, cukup letakkan di teralis.
Jangan khawatir, lengkungan tersebut dibuat mengarah ke dalam sehingga pot tetap aman. Teralis klasik ala Perancis ini biasanya dipasang di jendela atau pagar rumah untuk menciptakan suasana yang lebih asri. Namun, jika memasang di bagian jendela harus lebih rutin untuk dibersihkan.

7. Teralis Klasik Sederhana

Desain teralis yang paling mudah dan umum dibuat adalah klasik sederhana. Desain ini tidak polos karena memiliki pola hiasan payet, baik di atas, bawah, maupun tengah. Sesuai namanya, teralis klasik sederhana sengaja dibuat dengan tampilan yang standar tanpa banyak pola atau hiasan.
Meskipun demikian, banyak orang yang tetap memilih desain teralis seperti ini. Alasannya adalah tidak mengganggu estetika rumah yang sudah dibangun dengan baik terlebih dahulu. Warna dari teralis klasik sederhana pun cenderung standar dengan satu warna saja, seperti putih, coklat, atau hitam.
Memilih desain teralis untuk rumah termasuk hal yang cukup penting. Selain mempertimbangkan keindahan, desain tersebut juga harus memastikan bahwa keamanan yang diberikan tetap maksimal. Nah, jasa pembuatan desain teralis rumah klasik yang bagus adalah lamhar.