Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pagar klasik besi tempa

Pagar Klasik Rumah Arab untuk Menghadirkan Kesan Berbeda

 Pagar Klasik Rumah Arab untuk Menghadirkan Kesan Berbeda



Pagar klasik rumah Arab umumnya menggunakan desain yang simpel ala Timur Tengah dengan warna-warna hangat seperti coklat, cream dan kuning.

Arsitektur Arab ternyata dipengaruhi oleh beberapa budaya seperti Spanyol, Yunani, Italia, hingga Prancis. Jika ingin menghadirkan kesan Arabian pada bangunan, Anda bisa memulainya dengan memasang pagar klasik rumah Arab.
Jenis pagar semacam ini tentu bisa dibuat dalam desain bervariasi, mulai dari yang simple sampai mewah. Namun masih tetap harus menggunakan warna-warna bumi yang khas seperti cream, coklat, dan terakota.
Semua warna tersebut sudah menjadi ciri khas karena bisa membuat bangunan semakin elegan tetapi tidak ramai. Selain itu, pagarnya biasa dibuat dengan ukuran tinggi dan besar sehingga menonjol.
 

Mengapa Harus Memasang Pagar Klasik Rumah Arab?

Pagar rumah yang mengusung model apapun termasuk Arabian pada dasarnya memiliki fungsi yang baik. Fungsi utamanya tentu sebagai perlindungan dari hewan liar yang bisa mengganggu ataupun pencuri.
Hal ini karena pagar rumah yang dibuat dalam ukuran besar dan tinggi akan membuat pencuri kesulitan untuk memanjat ataupun menerobosnya. Jika sudah demikian, maka aset-aset yang sudah disimpan di dalam rumah dipastikan akan aman.
Agar lebih aman, pada bagian atas pagar bisa menggunakan ornamen berupa panah yang cukup lancip. Bisa juga ditambahkan dengan gembok yang dipasang pada pagar sehingga orang asing akan semakin sulit untuk masuk ke dalam rumah.
Selain itu, pagar klasik rumah Arab yang di bangun di halaman atau taman dapat mempercantik tampilan eksterior. Apalagi sudah banyak sekali pagar yang memiliki beragam desain dan model sehingga dapat dipilih sesuai keinginan.
Anda juga bisa menggunakan ornamen indah seperti daun atau bunga yang bisa menghiasi pagar tersebut. Semuanya dapat disesuaikan sedemikian rupa untuk meningkatkan keindahan pagar rumah.
 

Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Sebelum Memasang Pagar

Pemasangan pagar rumah tentu harus memperhatikan berbagai hal penting. Jika semuanya dilakukan secara asal-asalan, Anda akan kebingungan dan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Inilah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memasang pagar di halaman rumah:

1. Sesuaikan Ukuran Pagar yang Digunakan


Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan pertama kali ketika memasang pagar adalah ukuran. Pagar klasik rumah Arab biasanya memiliki ukuran yang besar dan tinggi mencapai 2 meter lebih.
Namun jika rumah Anda memiliki ukuran minimalis, pagarnya bisa menyesuaikan atau dibuat dengan ukuran sekitar 1,2 meter. Tujuannya supaya tampilan pagar dan rumah masih tetap terlihat serasi atau seimbang.

2. Desain Pagar Rumah

 



Selain ukuran, model atau desain pagar juga menjadi hal penting yang tak boleh terlewatkan. Pagar rumah kini hadir dalam berbagai macam model yang dapat disesuaikan dengan kondisi rumah. Jika tidak sesuai dengan rumah tentu akan terlihat aneh jika dilihat dari luar.
Jika memang kesulitan dalam memilih desain, Anda memanfaatkan jasa pembuatan pagar untuk menyusun rancangan desain pagar. Jasa terbaik akan membantu sampai mendapatkan hasil pagar yang sesuai dan memuaskan.

3. Pemilihan Material yang Berkualitas

Material yang digunakan dalam pembuatan pagar rumah cukup bervariasi mulai dari kayu jati, besi hollow, besi tempa, beton, dan masih banyak lagi. Banyaknya bahan yang ada tentu akan membuat bingung dalam memilih terutama bagi yang baru bangun rumah.
Salah satu material yang direkomendasikan untuk pembuatan pagar di luar ruangan adalah besi tempa. Bukan tanpa alasan, material ini dikenal mampu terhadap perubahan segala macam cuaca. Pemakaiannya awet untuk jangka waktu yang lama, bahkan bisa bertahun-tahun.

4. Warna Pagar yang Sesuai 

Hal selanjutnya yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum memasang pagar rumah adalah warna. Jika rumah Anda mengusung konsep minimalis, tentunya akan lebih cocok jika menggunakan warna netral.
Warna netral dinilai mampu menghadirkan kesan luas sekaligus modern pada bangunan rumah. Selain itu, warna pagar juga harus disesuaikan dengan warna cat eksterior rumah supaya tampilannya tetap selaras.

5. Faktor Keamanan Pagar


Faktor keamanan seringkali menjadi hal yang diabaikan sebelum melakukan pemasangan pagar rumah. Padahal, faktor keamanan sangat penting karena pagar rumah bukan hanya sebatas estetika saja.
Namun fungsinya cukup banyak karena bisa menjaga privasi sekaligus pelindung rumah. Keamanan ini bisa diperoleh dengan memasang pagar yang dipenuhi ornamen sehingga hanya memiliki sedikit celah.
Apabila pagar rumah cukup rapat, kemungkinan akan aman dari gangguan hewan liar yang ada di luar rumah. Selain itu, bisa juga menggunakan ornamen dalam bentuk panah yang cukup tajam supaya tidak mudah dipanjat pencuri.

Pilihan Warna untuk Desain Pagar Arabian

Sudah disinggung sebelumnya bahwa desain Arabian umumnya menggunakan warna-warna bumi yang menjadi ciri khasnya. Namun jika masih bingung, berikut ini pilihan warna yang bisa dipertimbangkan beserta penjelasannya.

1. Warna Cream 

Pagar klasik rumah Arab biasanya didominasi oleh warna krem yang terkesan begitu hangat. Warna ini dianggap mengandung unsur arsitektur yang sudah menjadi ciri khas dari budaya Timur Tengah.
Pemilihan warna cream pada pagar tentu akan menghadirkan kesan yang berbeda dan memiliki nilai estetika tinggi. Selain itu, warna ini juga terkesan lapang sehingga bisa memberikan kenyamanan untuk tuan rumah.
Untuk mengantisipasinya agar tidak monoton ataupun gersang, Anda bisa menambahkan pepohonan hijau. Pepohonan hijau dengan sentuhan tropis juga menciptakan suasana yang asri.

2. Warna Biru

Menurut budaya Timur Tengah, biru dianggap sebagai warna terbaik yang dapat mengusir roh jahat sehingga tidak membawa masuk keburukan ke dalam rumah. Biru sudah menjadi pilihan warna favorit yang populer dalam desain arsitektur Arabian.
Warna ini biasa diaplikasikan pada bagian jendela, pintu, hingga sampai ke pagar halaman rumah. Jika ingin menggunakan warna biru, sebaiknya dikombinasikan dengan warna bernada pinus dan aquamarine yang memiliki aksen putih.

3. Warna Putih

Pilihan warna selanjutnya yang cocok untuk pagar rumah Arab adalah warna monokrom seperti putih. Putih selama ini sering dijadikan sebagai warna dasar yang menawan di rumah-rumah mewah.
Meskipun terkesan mewah, tetapi warna putih bisa membuat pagar bangunan terkesan klasik. Warna putih yang bersih biasanya digunakan secara khusus untuk pagar klasik tempa putih atau pagar GRC.

4. Warna Abu-abu

Abu-abu selalu menjadi alternatif bagi yang kurang menyukai warna putih karena terkesan harus bersih. Warna yang simpel ini dapat menciptakan kesan yang simpel dan nyaman untuk penghuni rumah.
Selain itu, warna ini sebenarnya merupakan campuran antara warna putih dan hitam sehingga netral. Penggunaannya untuk pagar memang sangat cocok karena tidak akan terlihat terlalu terang maupun gelap.

5. Warna Coklat

Warna-warna hangat seperti coklat muda ataupun tua memang sangat identik dengan desain pagar rumah Arab. Warna ini dinilai mampu menghadirkan suasana seperti padang pasir yang begitu menawan.
Pilihan warna hangat ini masih bisa dikombinasikan dengan warna lembut lain seperti kelabu tua, cream, dan warna pasir. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan warna cerah untuk ornamen ataupun aksesoris pagar.
Jika Anda sedang berencana memasang pagar klasik rumah Arab maka tak perlu khawatir. Lamhar.com siap melayani pemesanan pagar besi tempa dengan harga yang dijamin mampu bersaing. Silahkan kunjungi website lamhar untuk melihat beberapa inspirasinya yang menarik.